Monday, June 4, 2012

Biologi dan Asal Mula Kehidupan

Biologi adalah kajian tentang kehidupan. Dalam mengembangkan Biologi, para ahli menggunakan metode ilmiah. Biologi merupakan bidang ilmu yang sangat erat hubungannya dengan ilmu-ilmu lain ehingga dalam kajiannya selalu memerlukan pemahaman dari imu lain (katematika, fisika, kiia, ekonomi, dll). Dalam perkembangannya sebagai ilmu pengetahuan, Biologi memiliki cabang-cabang ilmu yang membawa manfaat besar  bagi kesejahteraan manusia

1. Kedudukan Biologi.

Biologi merupakan jenis pengetahuan ilmiah yang mengkaji tentang kahidupan.

2. Hubungan biologi dengan ilmu ilmu lain

Dalam kajiannya biologi memahami dan mengkaji bologi, seorang harus memahami lmu-ilmu lain, baik ilmu pengetahuan alam maupun ilmu pengetahuan sosial.

3. Metode ilmiah dalam biologi

Munculnya ilmu pengetahuan berawal dari rasa kagum manusia terhadap jagad raya ini, rasa ingin tahu muncul karena manusia dibekali kemampuan untuk berfikir. Pertanyaan apa? mengapa? bagaimana?selalu muncul sehingga mendorong manusia untuk mencari jawaban yang benar guna memuaskan diri, kibatnya pengetahuan manusia selalu bertambah. Pengetahuan yang benar dapat diperoleh melalui 2 pendekatan yatu (1) pendekatan non ilmiah dan (2) pendekata ilmiah

a. Pendekatan non ilmiah, hanya berasal dari akal sehat, penemuan secara kebetulan, penemun secra coba-coba, dan pendapat para ahli. Akal sehat : zaman babilonia rang menyatakan bahwa bumi itu datar, secara ilmiah pendapat itu salah karena berdasarkan penelitian bahwa bumi itu bulat.

b.pendektan ilmiah, menuntut dilakukan langkah langkah tertentu dengan urutan tertentu ntuk mencapai pengetahuan yang benar. Pengetahuan didapat dari pendekatan ilmiah doperoleh dari melalui penelitian ilmiah menguji untuk keajegan dan kemapanan internalnya.

No comments:

Post a Comment