Monday, June 4, 2012

SEL

 

Sel merupakan unit(satuan)kehidupan terkecil dari mahluk hidup (MH), yang meliputi kesatuan struktural dan fungsional, pertumbuhan/perkembangan, dan herediter terkecil. Semua mahluk hidup memiliki sel, baik itu MH unisel maupun yang muti sel. Sel bersal dari sel sebelumnya, setiap sel memiliki kehidupannya sendiri(tonomi), disamping itu juga memiliki peranan gabungan (semi otonomi) didalam organisme mutisel. Sebagai bagian dari organisme musltisel, sel-sel akan membentuk organisasi atau kesatuan-kesatuan yang lebih besar yaitu jaringan – organ – sistem organ – dan organisme. Berikut adalah gambar se hewan dan sel tumbuhan,

sel5

SEJARAH PENEMUAN SEL

Sel pertama kali ditemukan oleh Roert Hooke (1635-1705) pada sel-sel mati irisan gabus yang berbentuk kamar-kamarkecil seperti penjara sehingga disebut cella (kamar kecil). sejak ditemukan mikroskop oleh Anthony Van  Leewoenhoek penelitian tentang sel berkembang dengan pesat. Beberapa ahli yang mengkaji tetang sel diantaranya

1. Schleiden (1840-1891) dan Schwan (1810-1882) menyatakan bahwa mahkluk hidup terdiri atas sel-sel/sel merupakan unti struktural mahkluk hidup.

SchleidenSchwann

2. Robert Brown (1813 ) menemukan nukleus dan menyatakan bahwa inti merupakan bagian yang penting dari sel.

Robert_Brown

3. Felix Dujardin (1835), menyatakan bahwa bagian yang penting adalah cairan sel.

73065621_Felix_Dujardin

4. Johannes Purkinje (1787-1869) menemukan bahwa cairan sel adalah protoplasma.

5. Max Schultze (1825-1874)  menyatakan bahwa protoplasma merupakan dasar fisik kehidupan, dan sel merupakan unti fungsional dari kehidupan.

6. Rudolf Virchow (1858) menyatakan bahwa “omne cellula ex cellule”, jadi sel merupakan  kesatuan pertumbuhan.

 

SUSUNAN DAN MORFOLOGI SEL

Sel Prkariotik dan Sel Eukariotik

Sel merupakan bagian terkecil yang menyusun MH, untuk dapat mendukung kehidupan dan fungsi sel, el dilengkapi oleh organel sel. Sel yang memiliki inti dengan berbagai organelnya disebut sel eukariotik, sedangkan sel yang tidak memiliki selubung inti sehingga materi inti berhuungan dengan langsung dengan sitoplasma disebut sel prokariotik.

contoh sel prokariotik da eukariotik

prokaryoteeukaryote 

Sel Bakteri

Bakteri adalah salah satu cotoh sel prokariotik. Bakteri diselimuti oleh tiga lapisan yaitu kapsul, dinding sel, dn membran sel.

1-2b1

1. Kapsul, hanya terdapat pada beberapa jenis bakteri, dibentuk pada tahap tertentu dari siklus hidupnya. Jika tipis disebut lapisan lendir, tebal disebut musilagen dan kompak disebut kapsul. Kapsul hanya terdapat pada bakteri patogen yang menyerang hewan, disusun oleh jenis polisakarida dan polipeptida. Kapsul juga merupakan bahan makanan cadangan.

2. Dindig Sel, tebal (50-100A) dan padat, menempati sekitar 20-35 % berat kering sel. Dinding sel berperan dalam memberikan betuk sel dan melindungi sel dari pengaruh lingkungan. Bersifat permeabel untuk zat tertentu dan impermeabel untuk molekul besar seperti protein, asam nukleat dan partikel virus. Komposisi dinding sel bakeri berbeda dengan dinding sel tumbuhan tinggi lainnya.

3. Membran Sel, terletak dibawah dinding sel, tebal 20-40 A, menempel pada dinding sel hanya pada beberapa tempat dan memliki beberapa pori. Disusun oleh fospolipida dan protein. Beberapa polisakarida juga sering ditemukan.

4. Sitoplasma, bersifat granular dan kental, mengisi antara daerah inti dengan membran plasma

5. Derah inti, inti bakteri sangat primitif dan hanya merupkan asam nukleat tersebar. Tidak ada struktur seperti kromosom, nukleolus, membran inti dll. Bakteri memiliki nukleolid (kromosom bakteri) yang terdapat ditengah sel.tidak dapat mitosis maupun meiosis.

No comments:

Post a Comment